PRASANGKA

Amirul Mu’minin Umar bin Khattab RA, berkata:” Jaganlah kamu berprasangka buruk terhadap sebuah perkataan yang keluar dari mulut saudaramu yg beriman, berilah prasangkaan yg baik, terlebih lagi jika dapat membawakannya kearah yang baik”. (Tafsir Ibnu Katsir, Surat Al-Hujurat).

“Hindarilah sikap suka mengumbar prasangka, karena sesungguhnya prasangka adalah perkataan yang paling dusta. Dan janganlah kalian berusaha untuk mendapatkan informasi tentang keburukan dan mencari-cari kesalahan orang lain, jangan pula saling dengki, saling benci, saling memusuhi, jadilah hamba Allah yg bersaudara” (HR. Bukhari 6064)

‎​‎​Imam Abu Hatim bin Hibban Al Busti Rahimahullah berkata dalam kitabnya “Raudhatul ‘uqalaa,” bahwa… “Orang yang berakal sehat, lidahnya di belakang hatinya, apabila ia ingin bicara, ia kembalikan kepada hatinya. Orang yang Bodoh akalnya, hatinya di penghujung lidahnya. Apa saja yang lewat pada lidahnya, akan ia ucapkan. Tidak akan paham tentang agama orang yang tidak bisa menjaga lidahnya”.

Abu Qilabah Abdullah bin Zaid Al Jurmi Rahimahullah (kitab Al Hilyah, Abu Nu’aim 2/285).”
Bila sampai kepadamu sesuatu yang kamu benci dari saudaramu, maka berusahalah untuk mencari alasannya. Jika kamu tidak menemukan alasannya,(dalam pikiranmu) maka katakanlah dalam hatimu, “Mungkin saja saudaraku mempunyai sebuah alasan yang aku tidak mengetahuinya”.

‎​Dalam Firman-Nya : “Dan janganlah kamu mengikuti sesuatu yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya, sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati semua akan dimintai pertanggung jawabannya” (QS. 17.36)

Dikutip dari ” LEMBUTNYA DAKWAH AHLUSSUNNAH ” ( syaikh Abdul Muhsin Al Abbad Al Badar) pustaka darul ilmi.

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: